Minggu, 14 Agustus 2011

KESENIAN TRADISIONAL DI KABUPATEN KARIMUN

Foto : Alat Musik Gendang Hadrah


Masyarakat Melayu khususnya yang berada di Kabupaten Karimun memiliki berbagai kekayaan seni dan budaya. Seni dan budaya diteruskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi sejak zaman dahulu hingga saat ini. Seni dan budaya yang beraneka ragam tersebut ada yang tumbuh subur dan ada pula yang mulai hilang dan punah karena kurang mendapat perhatian dari generasi saat ini. Bentuk dan nilai atau norma-norma yang terkandung di dalam setiap seni dan budaya memiliki arti yang sangat penting dalam mengatur tatanan hidup berbudaya dan bermasyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Setiap kegiatan kesenian tradisional yang dilaksanakan bukanlah sekedar menghambur-hamburkan harta atau memamerkan kekayaan atau jabatan, tetapi semuanya bertitik tolak dari tata hidup yang saling hormat menghormati, mencintai kesenian tradisional tersebut dan yang paling utama adalah tanda bersyukur dan berterima kasih atas limpahan rezeki dan karunia yang telah diberikan oleh Allah S.W.T.
Dalam seni dan budaya yang dimiliki masyarakat terdapat berbagai nilai moral dan agama. Nilai moral pada dasarnya mengandung berbagai tatanan dan aturan sopan santun dalam hidup individu baik untuk dirinya maupun lingkungannya. Nilai-nilai moral berisikan berbagai pesan-pesan moral kepada pendengarnya, yang berguna sebagai pegangan hidup sehari-hari dan berguna di dunia dan akhirat.
Unsur-unsur kesenian yang terdapat dalam kehidupan masyarakat Karimun adalah; seni musik, seni tari, seni teater, seni sastra, dan seni rupa. Jenis-jenis kesenian ini sangat dominan dalam kehidupan sehari-hari. Seni lukis tidak banyak terlihat dalam kehidupan karena tampaknya kurang diminati warga masyarakat. Namun demikian bukan berarti seni lukis tidak ada sama sekali di Karimun.
Kesenian tradisional yang sampai saat ini masih sering ditampilkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain; tari joget dangkung dan kesenian kompang. Tari joget dangkung sudah menjadi program andalan dan menjadi atraksi wisata di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karimun. Setiap tahun diadakan Festival Joget Dangkung yang diikuti oleh berbagai kelompok kesenian dan bahkan juga peserta dari luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia. Sementara itu, kesenian kompang menjadi unsur kesenian yang diidolakan dalam mengiringi upacara perkawinan, di samping musik rebana. Teater tradisional merupakan unsur kesenian tradisional yang jarang tampak ke permukaan.

wisatakita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar