Jumat, 03 Agustus 2012

Pulau Cantik di Barat Makassar

Ditulis : Ichi Pratiwi

Pulau Samalona merupakan gugusan pulau-pulau karang yang berbentuk bundar dengan luas wilayah kurang lebih 2,34 hektar. Pulau kecil ini merupakan salah satu tujuan wisata bahari yang ada di kota Makassar yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan pasir putih yang indah serta air yang sangat jernih dipenuhi oleh aneka ragam ikan tropis yang beraneka warna membuat para pendatang terajak untuk berjemur, memancing dan menyelam.

Pulau Samalona juga dapat menjadi destinasi spesial untuk Anda berakhir pekan. Pulaunya sangat cantik, kegiatan snorkeling dan diving pun dapat anda lakukan di sini. Keindahan bawah laut Pulau Samalona memang mempesona. Terumbu karang yang cantik dan ikan laut berwarna-warni, serta kuda laut dapat Anda temukan di sana. Surga bawah lautnya akan melepas kejenuhan dan kepenatan sehari-hari. Saat senja, sunsetnya sungguh menawan. Dengan pemandangan laut lepas yang luas dan tidak ramai oleh orang-orang atau toko-toko, akan membuat Anda nyaman untuk menikmati sang matahari yang perlahan tenggelam.

Selain itu pula, pulau ini pun menyimpan sejarah perang dunia ke II, ada sekitar 7 buah kapal yang karam pada perang dunia ke II di kawasan pulau ini, diantaranya adalah kapal Maru milik Jepang yang karam pada kedalaman 30 meter, kapal lancaster bomber, kapal selam pemburu milik Jepang, kapal kargo Hakko Maru buatan Belanda. Kapal-kapal tersebut kini berubah menjadi karang dan telah menjadi habitat bagi ratusan biota laut. Inilah yang menjadi daya tarik para penyelam untuk melakukan penyelaman disekitar bangkai kapal-kapal karam itu.

Selain misteri dan keindahan taman lautnya, para pengunjung juga dimanjakan dengan kenikmatan berbagai macam kuliner laut segar yang dimasak dengan cara yang sangat unik, yaitu diletakkan diatas tempurung kelapa kemudian ditutupi dengan daun pohon yang tumbuh disekitar pulau, sungguh suatu kenikmatan tersendiri mencium aroma asap yang keluar dari tempurung kelapa yang membuat selera makan membuncah.

Untuk penggemar Snorkeling atau diving, sekitar pulau ini mungkin hanya cocok untuk snorkeling karena perairannya dangkal. Pulau ini tadinya hanya sebagai pulau persinggahan nelayan, terbukti dipulau ini ada beberapa rumah penduduk yang bekerja sebagai nelayan. Tetapi, karena bersihnya pasir putih pantainya dan mulai banyaknya wisatawan mengunjungi pulau ini, penduduk di pulau ini mulai menyewakan kamar-kamar dirumahnya ataupun membangun kamar-kamar layaknya kos-kosan.

Namun ada satu kekurangan yang ada di pulau tersebut, yakni kurangnya perhatian dari pemerintah pusat dan daerah untuk pengembangan masyarakat nelayan Pulau Samalona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar